Monster: Pathetic Lecturer


“Not sure if I’m idiot, or the lecturer really pathetic. Sometimes, you have to stop thinking too much about this lecturer’s characteristics.”

Hari ini gue bete banget gara-gara ulah dosen Kimia yang so pathetic! Gue kepanasan, trus kipas-kipas pake buku, eh dia nyelutuk, “Hey, batik. Lebih baik kamu keluar daripada kayak cacing kepanasan di kelas gue!” (nyantai aja dong, Pak!). Ga tau kenapa spontan aja gue berdiri sambil nyelutuk balik, “Oh!”. Untungnya dia ga dengar. Huh, dasar penyihir!

Padahal gue udah bela-belain bangun pagi karena kelas eksklusif dari dia tiap hari Kamis, tapi gini deh jadinya – Live-die Hard – kalo ditanya soal kuliah, dosennya ga nentu, ada yang baik, ada yang punya hati bagai bidadari (bidadari kayak di sinetron-sinetron maksudnya), trus ada yang sok galak, sok nyeremin, sampe tingkat pathetic ganas seperti dosen Kimia satu ini.

Jujur aja, waktu dia ngatain gue kayak “cacing kepanasan”, gue tersinggung (banget)! Pasalnya gue merasa masih di batas wajar-wajar aja, misalnya ga pernah ngelakuin kesalahan fatal di kelas sejak dia pertama kali ngajar di kelas B. Nasib ya? Sejauh ini udah berupaya untuk bisa bersikap baik di depan tuh dosen, tetap aja aura ganasnya ngikuuuuuuut terus! Soalnya kalo dia yang ngajar suasana kelas yang mula-mula bagai dinginnya kutub utara yang penuh dengan es yang menyebar ke lautan lepas, tiba-tiba berubah jadi gudang yang sama sekali ga punya celah udara (fentilasi) buat ngehirup udara. SERAM!

Ah, mana raut wajahnya juga ngedukung banget jadi monster, galaknya minta ampun. Sial!

Sekarang, gue ga tau (bangga apa ga bangga sama sekali). Ga bangga soalnya gue yakin nilai makul Kimia Dasar semester ini pasti anjlok! Hum, gue jalan menuju pintu keluar, pengin banget nahan buat emosi balik namun apalah daya, dosen pathetic tetaplah dosen. Gue cuma bisa nyengir ala tokoh antagonis dalam cuplikan sinetron di TV. Eh?

Di luar kelas, seekor manuk mondar-mandir ga jelas, itu kerjaan gue sambil nunggu keajaiban datang, berharap ada teman yang ngambilin tas sama sweater gue yang tertinggal di kelas. Tapi, lagi-lagi ga dapat respon, perasaan gue udah esemes kesana kemari membawa alamat, namun yang kutemui bukan dirimu. Sayaaaaang, yang kuterima alamat palsu. CUT! Kenapa larinya di Ayu Ting-ting sih?! Lanjut, waktu selesai esemes tuh malah heran kenapa Febong baru nge-reply esemes gue yang tadi pagi? Kenapa?!!!! Paling alasan teman yang lain kalo ga “Hapeku di silent, Bel.”, “Sori, Bel. Baru baca.”, “Takut buka hape, ada dosen.”, “Aku ga bawa hape, Bel.” (Nuraeni banget).

Bermodalkan balpoin PILOT BPT-P sama buku buluk catatan harian “IndonesiaThailand” terpaksa gue coreeeeeet. Tau-tau gitu, mending ikut Bayu deh. Ga usah datang sekalian, daripada nama gue di red-marked sama dosen Kimia. Padahal Bayu juga udah nitip ijin, tau-tau yang dimintai ijin juga ga masuk. Miris banget ..

By myself, di rentetan anak tangga fakultas gue mulai nulis hal absurd ini, sepi, kusut, wajah semrawutan, tiba-tiba aja suasananya berubah jadi menyeramkan, sekitar lima menit kemudian terlihat wajah yang tak kukenali menatapku dengan tajam, wajah itu makin mendekat, dan semakin mendekat seolah-olah ingin menapaki kebingunganku. Tubuhku tak bisa bergerak, sosok itu tak bergidik membuat bulu kudukku merinding. Terlihat dari matanya yang buram, namun aku bisa memerhatikan matanya tajam dengan mulut yang melebar. Kini aku tak bisa apa-apa, sosok itu tepat dihadapanku. AAAAAHH! TIDAAAAAKKK!!!!

STOP! Alur ceritanya kenapa jadi horror gini sih. Lanjut, jelas aja mahasiswa(i) yang lewat bingung dengan apa yang gue lakuin saat duduk di tangga. Gue yakin di hati kecil mereka pasti ngatain gue ini-itu deh, “Ngapain bocah ini duduk-duduk gaje di tangga?!”, “Kasihan, ga punya rumah!”. Dua-tiga dosen lewat, gue nyengir aja seolah ga terjadi masalah hari itu. Padahal ..

Pesan:

  • Jangan terlalu memaksakan kehendak kalo ingin belajar, buktinya orang yang pengin serius belajar aja disuruh out sama dosen.
  • Ga semua dosen pathetic loh! Hati-hati aja sama dosen Kimia yang satu ini.
  • Terlambat ga terlambat yang penting naik angkot. Kemaren tragis banget, gue udah naik ojek bayar Rp.10.000,- tetep aja out.

Hikmah:

  • Semua butuh pengorbanan, niat menolong tapi belum kesampaian. Akhirnya sama-sama absen pelajaran Kimia Dasar.
  • Berbuat baiklah sesame teman sekelas, kalo ada kesulitan cuma mereka yang bisa ngebantu. Kenyataannya: “Ga sama sekali!”.
  • Orang baik selalu dapat yang terbaik. *ting*

Terimakasih atas kunjungan Anda. Kritik dan saran dapat disampaikan pada kotak komentar, ya! Silakan tinggalkan komentar Anda dengan sopan.

