Struktur Kalimat dan Kalimat Efektif

Struktur kalimat

    Menurut bentuknya kalimat bahasa Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:

  • Kalimat Tunggal/dasar/sederhana
  • Kalimat Majemuk/luas

  1. Struktur Kalimat Dasar

    Kalimat tunggal/dasar/sederhana adalah kalimat yang hanya memiliki satu objek dan satu predikat.

    Kalimat dasar berwujud tiga macam:

  • Kalimat tunggal murni seperti pada bentuk, Adik tidur.
  • Kalimat diperluas dengan keterangan tertentu misalnya, Adik menangis di pinggir kebun belakang.

Dalam bahasa Indonesia dikenal 6 struktur/pola kalimat tunggal, yakni:

  1. Subjek (KB) + Predikat (KK)
  2. Subjek (KB) + Predikat (KK) + Objek (KB)
  3. Subjek (KB) + Predikat (KK) + Objek (KB) + Objek (KS)
  4. Subjek (KB) + Predikat (KS)
  5. Subjek (KB) + Predikat (K. Bil.)
  6. Subjek (KB) + Predikat (KB)

Pola-pola kalimat tunggal yang bejumlah enam di atas itu dapat diperluas untuk mendapatkan struktur yang bermacam-macam dan lebih panjang. Demikian pula struktur yang disebutkan di depan itu dapat juga di modifikasi susunannya. Sehingga dapat ditemukan struktur kalimat dengan pola yang baru.

  1. Struktur Kalimat Majemuk

    Kalimat Majemuk jenis yang pertama adalah Kalimat Majemuk Setara. Konstruksi Kalimat Majemuk Setara sesungguhnya sangat sederhana, yakni hanya beberapa kalimat dasar/tunggal yang kemudian digabungkan dengan konjungsi/kata penghubung. Kata penghubung yang memiliki tugasa koordinatif. Dan konjungsi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Atau
  • Sedangkan
  • Tetapi
  • Melainkan

Jadi antara klausa yang satu dengan klusa yang lain disambungkan dengan konjungsi. Konjungsi di atas itu memiliki kedudukan yang sama, setara/sejajar.

Selain itu kalimat majemuk jenis kedua adalah Kalimat Majemuk Setingkat/Kalimat Majemuk Tidak Setara. Di dalam kalimat majemuk ini, hubungan antarklausa yang satu dengan klausa yang lain adalah sebagai induk dan anak. Jadi dapat dikatakan bahwa sesungguhnya yang satu menjadi sub bagi klausa yang lain, karena ciri itulah kalimat majemuk bertingkat sering disebut juga sebagai kalimat majemuk subordinatif.

Jenis kalimat majemuk yang ketiga adalah Kalimat Majemuk Campuran. Dikatakan demikian karena didalamnya memang terdapat campuran antara konstruksi kalimat bertingkat/tidak setara dan kalimat majemuk setara/kalimat luas tidak bertingkat.

Selanjutnya jenis kalimat majemuk bertingkat/kalimat majemuk tidaka setara yang terakhir adalah Kalimat Majemuk Bertingkat Rapat. Dikatakan sebagai kalimat majemuk rapat karena dua unsur subjek yang sama pada klausa-klausa yang kemudian dirapatkan menjadi satu.

Kalimat Efektif

  1. Definisi Kalimat Efektif

    Kalimat efektif adalah kalimat yang tidak boleh dipahami hanya sekedar bangunan kebahasaan yang minimal terdiri dari unsur subjek dan unsur predikat.

  2. Prinsip-prinsip Efektifitas Kalimat

    Prinsip pertama yang harus dikuasai oleh seseorang agar dapat mengonstruksi kalimat yang efektif adalah bahwa kalimat itu harus disusun dengan mempertimbangkan dan memperhitungkan kesepadanan bentuk/kesepadanan strukturnya. Adapun yang disebut dengan prinsip kesepadanan struktur ialah adanya keseimbangan antara ide/pikiran yang dimiliki oleh seseorang dengan bentuk kalimat/struktur kalimat yang digunakan.

    Prinsip kesepadanan struktur itu diantaranya terlihat dari:

    1. Adanya kejelasan subjek,
    2. Tidak adanya subjek ganda,
    3. Tidak adanya kesalahan dalam pemanfaatan konjungsi intra kalimat dan konjungsi antarkalimat,
    4. Adanya kejelasan predikat kalimat.

Kejelasan subjek dapat dijamin dari tidak di tempatnya preposisi atau kata depan di depan subjek kalimat. Kejelasan predikat dijamin dari tidak adanya yang di depan predikat itu. Subjek ganda lazimnya terjadi karena orang tidak benar-benar paham dengan esensi dan fungsi subjek dalam kalimat.

Terimakasih atas kunjungan Anda. Kritik dan saran dapat disampaikan pada kotak komentar, ya! Silakan tinggalkan komentar Anda dengan sopan.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s