Idul Fitri 1432 Hijriah ..

Lebaran ya lebaran ..

Lebaran yang ke-2 ..

Alhamdulillah tahun ini gw masih diberi umur panjang en kadar kafein yang masih di bawah standar, so gw ga bakalan nulis postingan ini kalo kadar kafein dalam tubuh gw melebihi batas yang sudah ditentukan (udah ko’id beud!! Eits! But I am not smoker, ya!).

Tadi pagi happun banget deh gw! Denger bunyi takbiran di hari ke-2, setelah tanggal 30 kemaren gw udah denger, ikut takbir, en lebaran duluan.. Heuheu

Ceritanya gini ..

Bermula dari senin pagi yang lalu orang rumah pada sibuk mikir en nentuin hari lebaran yang bener itu jatuh pada hari selasa or hari rabu? Lah.. gw juga ikutan bingung jadinya, bukannya ngebantu malah ikut-ikutan nyesekin orang rumah (gimana mo ngebantuin kalo gw aja kurang tau masalah agama?? Yang ada ancur dah muka gw gara-gara salah ngasih inpo’..) mending diem aja en ikutin jalan ceritanya. Well, gw bukan ustadz boo’..

Lanjut di sore hari ye gw lagi asik-asiknya onlen di wordpress en dibeberapa Social Network-ing lainnya.. Khusus di wp (baca: wordpress) waktu itu gw seneng banget utak-atik tampilan blog gw yang ini -masih new comer– en ga tau apa-apa tentang wp. Sebelumnya gw udah punya blog di Blogspot en Opera, tapi ga tau napa gw males banget check on blog (gimana mo ngecek kalo ngeposting aja belum pernah! Kyaa!) sampe pada akhirnya gw harus pasrah nerima blog gw di Blogspot ga bisa di buka lagi, gw mah yakin kalo adminnya pasti marah karena gw ga pernah sign-in, en akhinya gw di depak!! Trus di Opera sih gw cukup aktif walopun cuman update status en ngobrol ma temen-temen di Opera Indonesia (ada yang kenal Mickeybal ga? ;p) tapi semenjak gw ikutan lomba posting All About Kratingdaeng on Twitter & Facebook ujung-ujungnya kalah juga gw jadi males nengok tuh si Opera Van Java. Loh??! Nyesek..

Bagi yang mo ngeblog di Opera ga usah repot-repot registrasi, mumpung gw lagi baik en ga pelit gw kasih dah mantan blog gw. PM aja, siapa yang duluan dia dapat! Tapi gw mohon dengan sangat.. Kalo kalian emang mo ngeblog, ngeblog lah dengan sungguh-sungguh. Jangan kayak gw yang tega nelantarin si Opera ma Blogspot (lebaaaaay!) I’m waiting..

Eh, wait!! Napa topiknya lari ke mantan blog gw sih!! Ini kan gw mo cerita tentang lebaran gw? Errrrg..😐

Next ..

Di malam rabu nih sepupu gw si Rian make enbi (baca: Notebook) ga bilang-bilang, harusnya kan bilang dulu. “Baaal, pinjem enbi lo boleh? Ntar gw traktir makan somay lagi deh.. yah? Boleh yah?”, Kalo ngomongnya gitu sih terpaksa gw pinjemin.. Hahahaa😀

Selang beberapa menit gw perhatiin Rian onlen, gw juga ikut tertarik untuk onlen again. Pas gw buka Google browser yang muncul langsung itu Home efbi gw, en gw heran napa notif banyak bener ampe 12! (12 notif itu termasuk banyak ga sih?!). Sebenarnya itu bukan suatu permasalahan yang serius lah Cuma efbi kok! Paling pesan wall-nya dari temen gw (fans gw..), komen ato like alias jempol sebagai tanda setuju ma status gw, tapi gw ga yakin kalo notif itu dari hasil request-an gw karena gw yakin 92% gw jarang request orang apalagi orang yang cukup alay gitu, kecuali itu temen gw or orang yang setara ma gw (satu sekolahan, temen maen, yang gw kenal maupun baru mo gw kenal). Pas gw check 1/1 notif yang ada gw nemu tulisan gini “Rhiean Di********* has commented his status” lah! Darimana lagi tuh? Perasaan gw ga pernah komen ato nge-like status orang deh (termasuk lo Rian) kecuali status itu Ibu gw yang update, tapi sayang Ibu gw ga punya efbi brooo.. Lantas?!

Licik emang licik lo.. licik.. cik.. cik.. cik..

Hahahaay!😀 ternyata eh ternyata si Rian sengaja buat status Baca: >>Don’t look back,,,,<< di efbinya sendiri (statusnya lebay gimanaaa gittuu!), dengan bekal otak liciknya dia diem-diem ngebuka profilnya dari efbi yang lupa gw log-out sementara gw lagi mandi. Trus dianya komen deh pake efbi gw di statusnya sendiri (licik.. haha biar banyak notif kali? ;p). Finally, tau gak apa yang dia tulis? Ini nih → Tsaaah! artinya apa coba?? Gw aja bingung..

Yang lebih parah lagi gw ga sengaja browsing tentang aplikasi pembobol password kebetulan tetangga sebelah rumah tante gw punya WiFi berbasis WEP yang signalnya ga full juga sih. Setelah 1/1 gw klik open in new tab..

NEGARA PEMBUAT FILM BOKEP TERBANYAK DI DUNIA gw nemu salah satu situs yang ga nyambung banget ma pencarian di kata kunci yang gw ketik! Dada gw dag-dig-dug ga karuan saat itu antara penasaran en ga berani (mo lebaran), lagi-lagi Rian yang maksa gw buat nengok tuh situs sial** soalnya dia kelihatan excited banget! Gw marah.. ngambek.. en gw pikir ga masalah dong kalo cuma nengok doang? Yaah, itu kan cuma NEGARA PEMBUAT.. Sekali lagi NEGARA PEMBUAT, berarti isinya info tentang NEGARA PEMBUAT-nya dong.. Kalo tulisannya NEGARA PEMBUAT FILM BOKEP TERBANYAK-TER DI DUNIA?! Wahh!!! *Panic Mode*

Pas gw ma Rian en satunya lagi (SETAN) baca, rasanya gw pengin ngantuk yang super. Kesimpulan yang gw dapat setelah baca tuh situs: “Ga ada manfaatnya baca blog sial** kayak gitu. Anjritt!” kalo masalah corrupt mah Indonesia nomer CATU’. Eitss! Bukan berarti gw ngedukung situs ato blog kayak NPFBTDD itu.. Gila!! Masalahnya sekarang gw ga tau apa maksud dari tulisan gw tadi. Oh my!

Back to d’ topic! Setelah puas gw buka semua tab, akhirnya nemu juga aplikasi yang sangat berguna bagi para Gretongan Fever (Demam Gratisan). Aplikasinya ampuh juga buat nge-detec password kantor PKS yang gw incar! Ke-3 aplikasi yang gw dapat di respon baik ma enbi gw.. Ihhiiiy! Jadi deh acara onlen tiap harinya.. lebih tepatnya berselang 1 jam lanjut onlen di wireless gratis.. tis.. tis..

Abis itu gw buka e-mail gw di Yahoo! Lewat enbi karena minggu-minggu kemaren gw ga pernah bisa masuk versi mobile via hape gw, katanya password gw salah tapi setelah gw masuk via enbi ternyata eh ternyata akun gw masih sehat wal afiat.. ckckckck

Di beranda Yahoo! Gw ga sengaja ngelihat seputar info alias berita bergilir judulnya “Bosscha: Lebaran Jatuh pada 31 Agustus 2011” yang isinya:

Ngamprah (ANTARA) – Peneliti Observatorium Bosscha Bandung, Jawa Barat, Deva Octavian menegaskan bahwa hari lebaran 2011 atau 1 syawal 1432 Hijriah akan jatuh pada 31 Agustus 2011.

Penentuan itu merupakan hasil dari pengamatan dengan menggunakan pisau analisis ilmu astronomi yang dimilikinya. Oleh karena itu, ijtimak akhir Ramadhan 1432 Hijriah akan dilakukan pada Senin 29 Agustus pukul 10.04 WIB.

“Tinggi bulan saat matahari terbenam 29 Agustus di seluruh wilayah Indonesia kurang dari dua derajat. Dari data tersebut, hilal tidak mungkin dilihat di wilayah Indonesia. Dengan begitu, 1 Syawal 1432 Hijriah tanggal 30 Agustus setelah Maghrib. Jadi, masih ada Salat Tarawih pada 29 Agustus dan tidak ada tarawih tanggal 30 Agustus,” ujarnya.

Dengan demikian sambungnya, puasa pada tahun 1432 Hijriah berjumlah 30 hari. Meski begitu, rencananya sidang itsbat penentuan 1 Syawal 1432 Hijriah akan dilakukan pada 29 Agustus.

“Makanya, tidak salah kalau yang menggunakan metode hisab dan rukyatul hilal dalam penentuan awal syawal akan berbeda. Sebab, 29 Agustus, hilal belum terlihat oleh mata karena dekat dengan matahari,” katanya.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Fattah Wibisono mengatakan, Muhammadiyah sudah menentukan bahwa hari raya tahun ini jatuh pada Selasa (30/8).

Keputusan itu merupakan hasil perhitungan hisab tim Muhammadiyah. Saat matahari terbenam pada hari ke-29 Ramadhan, posisi hilal ada di atas ufuk dengan ketinggian 1 derajat 55 menit.

35 petugas sebelumnya, Peneliti observatorium Bosscha Bandung, Deva Octavian mengatakan 35 orang akan diterjunkan dalam penentuan hari lebaran atau 1 syawal 1432 Hijriah. Personil sebanyak itu akan mengamati hilal pada 16 titik yang telah ditentukan. 

Jumlah sebanyak itu merupakan gabungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Observatorium Bosscha, Rukyatul Hilal Indonesia, Lapan, serta sejumlah perguruan tinggi. Sedangkan untuk pengamatan hilal akan dilakukan pada 29 dan 30 Agustus mulai pukul 16.00 WIB.

“Secara prinsip kerja dalam penentuan hari awal puasa dengan lebaran atau 1 syawal tidak ada bedanya karena sama-sama mengamati hilal,” ujarnya.

Jumlah pengamat dan titik pengamatan hilal untuk penentuan 1 syawal 1432 Hijriah lebih banyak dari pada pengamatan hilal untuk menentukan awal Ramadhan yang hanya melibatkan 30 orang untuk 14 titik saja. Disampaikannya, Kemenkominfo memang sengaja memperbanyak jumlah titik pengamatan hilal, hal itu karena lebih mempermudah pengamatan dan menjamin ketepatannya. Karena bisa jadi, pengamatan yang dilakukan di suatu daerah terhalangi, tapi di daerah lainnya bisa dilakukan.

Nah! Setelah gw baca, cermati, en ngambil kesimpulan tetep wae ora’ ngerti opo api’nya. Daaan berita diatas berhasil terbaca oleh kacamata nenek gw plus udah dapet pencerahan kalo lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 30 Agustus 2011 di tambah lagi nenek udah nonton berita kalo Muhammadiyah minta izin kepada pemerintah untuk melaksanakan lebaran “duluan”, makin menguatlah keyaninan nenek. Sementara di kompleks bisa dibilang cuma nenek, Rian, kak Rullly, en gw yang berlebaran duluan. Gw mah ikut aja ma yang di rumah, toh niat kita semua sama buat ngerayain Idul Fitri atas nama Allah SWT.😀

Bokap ma nyokap gw di Sulawesi Barat lebarannya tadi pagi (ikut pemerintah), oom-oom ma tante-tante gw di propinsi lain pun ikut pemerintah.. Oh iya, masalah hilal ya? Gimana dengan masalah hilalnya? Munculnya bener ga sih di hari selasa subuh? Berarti haram dong puasa lagi kalo udah lebaran, karena lebaran yang tepat itu di hari selasa kemaren?? Ribet juga ya.. Heuheu

Tapi seneng juga bisa ngerayain 2 kali Idul Fitri di tahun yang berbeda (2010 & 2011) di Kota Kendari ini. Di sisi lain gw juga kangen ma bonyok (bokap nyokap) karena ga bisa ketemu langsung en mohon maaf, pengin mudik tapi masalah financial bonyok lagi down terpaksa niat itu gw padamin. Bonyok juga udah ngirim ucapan lebaran, berhubung gw lebarannya kemaren, mereka sengaja nelpon buat ucapin selamat hari raya –moment sedih pun turut hadir-, en tadi pagi mereka juga udah lebaran, well gw yg nelpon mereka..

Sempat juga sih selasa kemaren mo ke Masjid Ummu Shabri kiranya Muhammadiyah yang lain cuma dikit, nenek juga bisik ke gw “Mungkin jamaah shalat Idul Fitri kali ini sedikit, masjidnya juga bisa di bilang cukup jauh”, ternyata dugaan gw salah (tapi ga salah juga sih.. anggap aja gw salah 72%). Orang-orang yang mo shalat banyak banget beud! Parkiran untuk mobil pun ga cukup malah banyak markir di pinggir jalan sampe depan esema gw, kebetulan smanpat deket ma masjid jadi mobil bisa berhijrah ke esema gw. Sampe-sampe nih ya kak Rully pusing mo markir mobilnya dimana, namun sekitsr 6 menit kemudian kami dapat tempat parkiran yang ga jauh dari masjid. Orang-orang yang shalat Idul Fitri hari ini juga ga kalah banyaknya! Lebih banyak lagi!

Pulang dari masjid butuh pengorbanan juga. Hahahaay! Nunggu salam-salaman ma siapa aja (padahal yang gw salamin orangnya kagak gw kenal boo’), bebas dari kepungan mobil lain selama 14 menit menurut hitungan Jam Tangan gw, en perjalanan pulang dihabiskan selama puluhan menit deh kayaknya (gw ga bisa ngitung lagi, males!).

Udah nyampe rumah pas di depan pintu gw dapet esemes dari temen yang isinya “Hilal sudah tampak subuh tadi, maka diharamkan bagi kita semua berpuasa hari ini. Jadi Idul Fitri 1432 H pada tahun ini jatuh pada tanggal 30/08/11. Selamat lebaran, minal aidzin wal faidzin. Bla.. bla.. bla..” buat temen gw yang ngirim esemes ini, thanks banget ya setidaknya bisa menimbulkan senyum yang begitu berarti buat kami berempat. Trus masalah derajatnya gimana? Kok ga di bahas? Loh! Topiknya lagi-lagi yang ini sih?! Hadehh..

Bersama Saudi Arabia, Malaysia, USA en negara-negara lainnya ikut menetapkan Idul Fitri kemaren.🙂🙂🙂

Daaan yang terpenting! Walopun gw udah lebaran duluan ..

Taraaang!! Sebenarnya gw udah nunggu anak-anak ini dari kemaren tapi ga ada yang dateng.. *gluk*

Tegang1

Hiaat

Tegang

Tegang

Ket: Tamu ke-4 yang dateng ke rumah en berhasil gw jeprett! Gw sengaja jepretnya 2 kali, kesannya supaya adik-adik ini seneng di potret. Eh! Malah ga niat merekanya.

hahi

Huhu

Hahaay! Mode senyum yang beda! Tegang!😐😐😐

Rame

Rame

Metal

Metal

Buat adik-adik ini, terus berkarya, terus berjaya, jadilah rocker sejati di belantika musik tanah air! Salam metal!!

Preman

Preman

Preman gang sebelah ..

Lawata's Child

Lawata's Child

Ada anak penjual buah langganan gw, penjual tomat di Lawata’s Market, sampe anak penjual gorengan yang sering gw beli sepulang skul. Tau darimane ye rumah ini?

Bandit

Bandit

Bandit2

Bandit2

Ga tau bandit-bandit darimane nih?

Dan yang terakhir datangnya pukul 22:15. Paling seru diantara anak-anak sebelumnya, mereka seneng kalo di jokes.. ujung-ujungnya minta email efbi gw. Ckckck

RmB

RmB

Lanjutkan ziarah kalian, miss ya’oll .. xxxx🙂

Terimakasih atas kunjungan Anda. Kritik dan saran dapat disampaikan pada kotak komentar, ya! Silakan tinggalkan komentar Anda dengan sopan.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s